Saturday, July 29, 2017

Persiapan Perakitan Komputer

JAGONYA TEKNOOLOGI - |

Perakitan komputer bagi kebanyakan orang sangatlah sulit dilakukan sehingga tak heran apabila konsumen masa kini lebih memilih perangkat jadi ketimbang komputer rakitan. Berbagai alasan pun terlontarkan , salah satunya yakni kesulitan untuk melaksanakan persiapan. Persiapan sangat perlu dilakukan sebab akan mempermudah dalam perakitan komputer. Selain itu juga untuk menghindari permasalahan yang akan timbul dikarenakan minimnya pengetahuan ihwal hardware komputer.

Dalam goresan pena ini , penulis akan mengajak anda untuk bahu-membahu menggali wawasan ihwal bagaimana persiapan sebelum perakitan komputer dilakukan supaya berjalan lancar tanpa kendala apapun. Beberapa hal terkait persiapan dalam perakitan komputer yakni sebagai berikut:
perakitan komputer

Menentukan konfigurasi komputer


Menentukan konfigurasi komputer artinya menentukan banyak sekali jenis komponen beserta fiturnya supaya seluruhnya dapat bekerja secara optimal , sebagai sebuah sistem komputer yang baik dan sesuai impian pengguna. Proses menentukan konfigurasi komputer dimulai dari menentukan terlebih dahulu jenis prosesor dan motherboard , setelahnya Grapich Card serta RAM dan Harddisk lalu seterusnya.

Terpenting dalam penentuan konfigurasi komputer yakni motherboard. Yakni harus diperhatikan betul sebab setiap jenis motherboard akan berbeda-beda versi dengan jenis prosesor , port , modul memori ataupun I/O bus. Maka dari itu , siapkan buku manual ihwal motherboard lalu pelajari untuk mengetahui komponen-komponen yang didukung dan mampu bekerja seara kompatibel. 

Menyiapkan komponen dan perlengkapan


Beberapa komponen dan perlengkapan kini saatnya anda persiapkan. Ini ditujukan lagi-lagi untuk mempermudah pekerjaan dalam perakitan komputer. Beberapa komponen dan perlengkapan yang harus disiapkan yakni sebagai berikut:
  • Komponen hardware komputer
  • Komponen pendukung menyerupai kabel , baut , sekerup , jumper dan lain-lain
  • Buku manual atau e-Book tumpuan dari setiap komponen
  • Alat bantu sederhana yaitu obeng pipih (minus)
  • Perangkat lunak sistem operasi , perangkat driver dan jadwal aplikasi 

Dalam hal ini , penulis tekankan lagi bahwa buku manual sangat perlu dipersiapkan dari awal sebab sebagai tumpuan utama untuk mengetahui diagram posisi dari masing-masing elemen koneksi (port , konektor , slot) dan elemen konfigurasi (switch , jumper) serta cara mengatur switch dan jumper yang sesuai dengan komputer rakitan. Nah , beberapa konfigurasi tadi pada intinya ditujukan supaya dapat mengetahui serta mencocokkan motherboard dengan perangkat-perangkat lain. Sementar itu mengapa perlu perangkat driver sebab untuk melaksanakan instalasi manual sistem operasi dan juga jadwal aplikasi yang akan digunakan dikala komputer dinyalakan. 

Mengutamakan keamanan


Dalam segala hal tentu kita butuh keamanan , termasuk dalam proses perakitan komputer. Persiapan mengenai keamanan sangat perlu dilakukan untuk menghindari banyak sekali problem tak terduga menyerupai kerusakan komponen tanggapan muatan listrik tidak stabil , panas berlebihan atau bahkan tumpahan cairan. Anda pun harus menyiapkannya dengan cara sebagai berikut:
  • Mengenakan gelang antistatis , lalu pertama kali yang disentuh yakni permukaan logam pada casing gres kemudian memegang komponennya supaya muatan statis terbuang
  • Tidak memegang komponen elektronik ataupun konektor secara pribadi , solusinya yaitu memegangnya pada episode tubuh logam atau plastik
  • Mengenakan sepatu pada dikala melaksanakan perakitan komputer
  • Pastikan tidak ada koneksi listrik sedikit pun ke komponen komputer ketika sedang melaksanakan perakitan , lalu pastikan pula bahwa tidak ada material sedikit pun yang memungkinkan terjadinya korsleting ketika mulai menyalakan komputer
Demikianlah yang dapat penulis sampaikan ihwal persiapan merakit komputer. Semoga bermanfaat. (Baca juga artikel lainnya: SEKILAS PENGENALAN DASAR TENTANG KOMPUTER)


EmoticonEmoticon