Thursday, July 27, 2017

Pengertian Sistem Terintegrasi dan Pembahasannya

JAGONYA TEKNOOLOGI - | Sistem terintegrasi merupakan sistem isu yang melibatkan banyak sekali unit fungsional di dalam perusahaan maupun kekerabatan , perusahaan dengan pihak luar menyerupai pelanggan dan pemasok.

ERP (Enterprise Resource Planning)


Saat ini , banyak sekali perusahaan yang mengimplementasikan ERP dalam mendukung proses urusan ekonomi mereka. ERP dibutuhkan perusahaan untuk mengintegrasikan dan menyelesaikan proses urusan ekonomi lintas organisasi. Implementasi ERP dibutuhkan bisa meningkatkan produktivitas perusahaan dan menerima efisiensi , kelincahan , serta responsivitas yang dibutuhkan dalam mencapai keberhasilan dalam persaingan bisnis. Aplikasi-aplikasi ERP antara lain SAP (mySAP) , BAAN , Oracle , JD Edwards (Telah diakusisi oleh Oracle) , Oeiokesift (telah diakusisi Oracle) , Compiere (Opensource) , dan lain sebagainya.

ERP ialah aplikasi sistem isu administrasi terintegrasi untuk bisnis/organisasi yang mencakup multi fungsionalitas menyerupai penjualan , pembelian , produksi gudang , akuntansi dan finansial , penggajian , sumber daya insan dan lain sebagainya.

cakupan ERP

Menurut O'Brien (2005) , ERP ialah sistem lintas fungsi perusahaan yang digerakkan oleh modul software suite  terintegrasi yang mendukung proses urusan ekonomi dasar internal perusahaan. ERP menawarkan perusahaan tampilan real time terintegrasi atas proses urusan ekonomi dasar intinya , menyerupai produksi , pemrosesa pesanan , dan administrasi persediaan , yang disatukan oleh software aplikasi ERP dan database umum yang dipelihara oleh DBMS.

Aplikasi ERP menjadi tulang punggung (Blackbone/black-office) sistem isu administrasi untuk meningkatkan efisiensi operasi urusan ekonomi dan efektivitas pengambilan keputusan. Aplikasi ERP memiliki tugas yang strategis untuk kepentingan persaingan bisnis. ERP menyediakan aplikasi aplikasi perangkat lunak terintegrasi dan terpusat untuk membantu mengelola dan mengoordinasikan segala acara perusahaan menyerupai manufaktur , distribusi , akuntansi , keuangan , perencanaan produk dan pengelolaan sumber daya insan , serta mencakup sumber daya urusan ekonomi , menyerupai kas , materi buku , dan kapasitas produk.

sumber: Buku Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto
2009


EmoticonEmoticon