Sunday, July 30, 2017

Pengertian dan Macam-macam Software Komputer

JAGONYA TEKNOOLOGI - |

Dalam sebuah perangkat komputer ada aneka macam komponen yang dipakai untuk menjalankan sistem. Perangkat komputer tersebut beragam jenisnya. Salah satu komponen komputer yang dapat kita pelajari yakni software komputer.

Software komputer merupakan bab komputer yang tidak terlihat. Kaprikornus , software komputer dapat diartikan sebagai perangkat lunak komputer yang dikemas dalam sebuah program. Pada dasarnya , software komputer memiliki peran besar dalam perangkat komputer itu sendiri.

Macam-macam Software Komputer
Pengertian software komputer yakni perangkat lunak komputer yang menghubungkan pengguna (brainware) dengan perangkat keras (hardware) untuk menjalankan sebuah perintah dan menampilkannya dalam bentuk visual , grafik dan suara.

Software komputer mampu juga disebut alat penerjemah perintah-perintah dari pengguna untuk ditransfer ke perangkat keras komputer. Kemudian terjadilah proses dalam sistem komputer yang akan menghasilkan data melalui perangkat output.

Kemudian yang perlu kita bahas selanjutnya yakni macam-macam software komputer. Menurut beberapa sumber , software komputer terbagi dalam 5 kelompok. Adalah sistem operasi , aktivitas aplikasi , aktivitas pelengkap , bahasa pemrograman , dan aktivitas paket.

Kelima kelompok tersebut berkhasiat masing-masing yang berbeda-beda. Selain itu , fungsi software komputer dalam kelima kelompok tersebut juga saling berikatan satu sama lain untuk menghasilkan aktivitas komputer yang baik dan sesuai aba-aba pengguna.

Macam Software Komputer

Sistem Operasi
Berfungsi sebagai alat pengontrol seluruh aktivitas dalam komputer. Beberapa perangkat yang mendapat administrasi dari sistem operasi yakni perangkat keras komputer (hardware). Kaprikornus , sistem operasi dapat diartikan sebagai alat untuk mengatur seluruh sistem dalam komputer.

Contoh sistem operasi yang ada pada perangkat komputer ketika ini yakni MacOS , Linux , Windows OS dan sebagainya.

Program Aplikasi
Sebuah aktivitas yang digunakan untuk menuntaskan beberapa aplikasi yang terdapat dalam perangkat komputer. Program aplikasi bekerja dengan tujuan menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam sebuah aplikasi.

Sebagai teladan dari aktivitas aplikasi antara lain: Microsoft Office (Word , Excel , Powerpoint dll) , Adobe (Photoshop , Reader dll) dan masih banyak lagi.

Program Tambahan
Berupa software yang sifatnya advance atau pelengkap dengan tujuan untuk menyelesaikan beberapa problem yang tidak dapat diduga sebelumnya. Seperti misalnya , kita ambil satu teladan perangkat aktivitas pelengkap yaitu Scandisk.

Scandisk ini berfungsi untuk menghilangkan virus dalam sebuah perangkat penyimpanan data. Selain scandisk ada juga aktivitas pelengkap lainnya menyerupai WinRar (menggabungkan beberapa file sekaligus) , Defrag (membantu memperbaiki hardisk) , Tune Up dan sebagainya.

Bahasa Pemrograman
Merupakan aba-aba dan aturan berupa kode-kode khusus untuk menyelesaikan suatu peran dalam sistem komputer. Bahasa pemrograman ada aneka macam macamnya , dengan fungsi yang berbeda-beda. Contoh dari bahasa pemrograman yakni HTML , Javascript , C+ , Phyton , MySql , dan masih banyak lagi.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian software komputer dan macam-macamnya. Semoga dapat menjadi materi tumpuan untuk anda. (Baca juga tentang: Harga Komputer Rakitan)


EmoticonEmoticon